Jumat, 06 Mei 2011

Pengertian dan Manfaat Email

Pengertian Email:
1. Pengertian Email
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.

2.kelebihan penggunaan email
Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.

Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.

Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

3. Sejarah email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.

Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

Manfaat Email :
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat
yang paling penting dalam bisnis internet.
Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin
hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.

Tidak terbatas dengan sekali melakukan transaksi seperti
misalnya kita menjual produk atau jasa di toko – pembeli
datang, memilih produk dan membayar. Setelah itu kita
tidak ada kontak dan hubungan lagi.

Dengan memakai email, kita mejalin hubungan yang
lebih akrab dan dengan ini kita bisa mempromosikan
produk baru dan hal-hal lain yang kita jual.

Strategy ini jauh lebih lebih efektif, karena kita punya
loyal pembeli (email pembeli yang terdaftar) yang
biasanya akan memilih produk atau jasa kita dari pada
kompetitor kita yang menjual produk yang sama.

Kalau anda serius ingin menghasilkan uang di internet
membuat emai list “HARUS” di siapkan dan dipakai.

Menurut marketing riset, dikatakan bahwa transaksi
(pembelian) terjadi diantara EMPAT sampai ENAM
kali interaksi (contact) – dan anda akan kehilangan
pembeli (keuntungan) kalau anda tidak punya cara
untuk membuat pembeli kembali untuk membeli lagi.

Pikirkan kembali berapa website yang anda kunjungi
dalam satu jam di internet.

Apa anda bisa ingat kata-kata dan produk dari
website-website itu. Walaupun anda search
memakai google atau yahoo, tak di jamin website
yang anda cari akan ditemukan. Biasanya pengunjung
datang ke website anda, mereka melihat, klik sini,
klik sana dan minggat ke website lain.

Dengan mengumpukan data-data pengunjung
seperti nama dan email, walaupun mereka tidak
membeli apa-apa sekarang ini, tapi kemungkinan
besar akan membeli di lain waktu. Dengan suka
rela pengunjung memberikan data mereka, itu sudah
menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan produk
atau jasa yang anda jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar